SILABUS FISIKA KELAS XII/2 K13



SILABUS
Satuan Pendidikan      : SMA
Mata Pelajaran            : FISIKA
Kelas/ Semestar           : XII/II

Kompetensi Inti
KI 1 :
Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya

KI 2 :
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

KI 3 :
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

KI 4 :
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan




Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1   Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya  melaluipengamatan fenomena alam fisis dan pengukurannya
-      Memformulasikan konsep induksi elektromagnetik
-      Menerapkan konsep induksi elektromagnetik pada teknologi.
-      Memformulasikan konsep arus induksi dan ggl induksi.
Induksi Faraday
GGL Induksi
Hukum Lenz
Induksi Diri
Aplikasi Induksi Faraday pada produk teknologi












Mengamati
Mencari informasi tentang berbagai produk teknologi yang menggunakan induksi Faraday dari berbagai sumber
Mempertanyakan
Mempertanyakan tentang fenomena induksi elektromagnetik 
Eksperimen/ Mengeksplorasi
Melakukan percobaab tentang induksi elektromagnetik
Mendiskusikan  tentang GGL Induksi Hukum Lenz,
Mendiskusikan  pemanfaatan induksi Faraday pada produk teknologi
Merancang dan Membuat alat sederhana yang menggunakan prinsip induksi Faraday

As
Mengomunikasikan
Mempresentasi hasil eksperimen.
Tugas
Menulis laporan ilmiah sebagai hasil studi literatur dari berbagai sumber tentang pemanfaatan induksi Faraday pada berbagai produk teknologi
Menyelesaikan soal-soal tentang Induksi Faraday dan Arus Bolak balik
Observasi
Ceklist lembar pengamatan kegiatan presentasi kelompok
Portofolio
Laporan tertulis rancangan dan kegiatan percobaan secara softcopy, hardcopy, powerpoin dan audiovisual
Tes
Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda
16 JP
(4 x 4 JP)









Fisika SMA Jilid III,
Fisika, Young and Freeman, Jilid II
Praktikum Fisika, Depdiknas
Alat
Magnet
Galvanometer
Lilitan kawat


2.1         Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;  kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan , melaporkan, dan berdiskusi

3.7 Memahami fenomena induksi elektromagnetik  berdasarkan percobaan
4.7 Membuat proyek sederhana dengan menggunakan prinsip induksi elektromagnetik
1.1   Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya  melaluipengamatan fenomena alam fisis dan pengukurannya
·         Memformulasikan konsep arus dan tegangan bolak-balik
·         Mengidentifikasi penerapan arus listrik bolak-balik dalam kehidupan sehari-hari.
·         Menggunakan amperemeter voltmeter Ohmmeter dalam rangkaian.
Rangkaian Arus Bolak-Balik
Arus dan tegangan Bolak-Balik
Rangkaian Arus Bolak-Balik
Daya pada Rangkaian Arus Bolak-Balik









Mengamati
Menggali informasi tentang karakteristiik arus, tegangan dan sumber arus bolak
Menanya
Diskusi kelas tentang arus dan tengan bolak-balik
Diskusi kelas tentang Rangkaian Arus Bolak-balik
Diskusi kelas tentang Daya pada Rangkaian Arus Bolak-balik
Mengeksplorasi/Eksperimen
Mengeksplorasi rangkaian resonansi dan pemanfatannya untuk tuning frekuensi pada radio.
Mengkomunikasikan
Presentasi hasil eksplorasi secara audio visual dan atau powepoin.
Tugas
Menyelesaikan soal-soal rangkaian arus bolak-balik
Observasi
Ceklist lembar pengamatan kegiatan presentasi kelompok
Portofolio
Laporan presentasi resonansi  secara softcopy, hardcopy, powerpoinl
Tes
Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda
12 JP











Fisika SMA Jilid III,
Fisika, Young and Freeman, Jilid II
Praktikum Fisika, Depdiknas






2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;  kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan , melaporkan, dan berdiskusi

3.8 Menganalisis rangkaian arus bolak-balik (AC) serta penerapannya
4.8         Memecahkan masalah terkait  rangkaian arus bolak-balik (AC) dalam kehidupan sehari-hari.
1.1   Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya  melaluipengamatan fenomena alam fisis dan pengukurannya
·      Mendeskripsikan fenomena radiasi Elektromagnetik.
·      Mendeskripsikan hipotesis Planck tentang kuantum cahaya.
·      Menganalisa  sumber radiasi Elektromagnetik
·      Menerapkan pemanfaatan radiasi elektomagnetik dalam teknologi
·      Menemukan bahaya radiasi Elektromagnetik bagi makluk hidup

Radiasi Elektromagnetik
Spektrum elektromagnetik
Sumber Radiasi Elektromegnetik
Pemanfaatan Radiasi Elektromagnetik
Bahaya Radiasi elekromagnetik












Mengamati
Menggali informasi tentang spektrum radiasi elektromagnetik dan pemanfaatannya dalam kehidupan mahluk hidup
Menanya
Diskusi kelas tentang spektrum elektromagnetik
Diskusi kelas tentang sumber, manfaatn dan bahaya radiasi elektromagnetik bagi mahluk hidup
Mengeksplorasi/Eksperimen
Mengeksplorasi radiasi elektromagnetik dalam berbagai bidang kehidupan mahluk hidup
Mengkomunikasikan
Presentasi hasil eksplorasi secara audio visual dan atau powepoin.
Tugas
Menulis laporan ilmiah sebagai hasil studi literatur dari berbagai sumber tentang pemanfaatan dan bahayanya radiasi elektromagnetik
Observasi
Ceklist lembar pengamatan kegiatan presentasi kelompok
Portofolio
Laporan tertulis hasil eksplorasi secara softcopy, hardcopy dan powerpoin.
Tes
Tes tertulis tentang

12 JP
(3 x 4 JP)




















Fisika SMA Jilid III,
Fisika, Young and Freeman, Jilid II
Praktikum Fisika, Depdiknas














2.1         Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;  kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan , melaporkan, dan berdiskusi

3.9         Mengevaluasi pemikiran dirinya tentang radiasi elektromagnetik, pemanfaatannya dalam teknologi, dan dampaknya pada kehidupan
4.9 Menyajikan hasil analisis tentang radiasi elektromagnetik, pemanfaatannya dalam teknologi, dan dampaknya pada kehidupan
1.1   Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya  melaluipengamatan fenomena alam fisis dan pengukurannya
·    Menganalisa konsep  dan fenomena kuantum
·    Memformulasikan konsep foton, Efek fotolistrik dan Sinar-X
·      Menerapkan konsep Efek fotolistrik dan Sinar-X pada teknologi.

Konsep dan Fenomena kuantum:
Konsep foton
Efek fotolistrik
Sinar-X







Mengamati
Menggali informasi tentang konsep foton, fenomena efek fotolistrik, dan sinar-X
Menggali informasi tentang aplikasi efek fotolistrik dalam kehidupan manusia (mis: sensor cahaya, sel surya, mesin fotokopi, laser printer).
Menggali informasi tentang cara kerja mesin fotokopi.
Menggali informasi tentang aplikasi sinar-X dalam kehidupan manusia (mis: mesin foto Rontgen, mesin pengecekan bagasi bandara ).
Menggali informasi tentang cara kerja mesin foto Rontgen.

Menanya
Diskusi kelas tentang efek fotolistrik dan cara kerja mesin fotokopi.
Diskusi kelas tentang sinar-X dan cara kerja mesin foto Rontgen.

Mengeksplorasi/Eksperimen
Mengeksplorasi fenomena efek fotolistrik, sinar-X, dan aplikasinya dalam kehidupan manusia.

Mengkomunikasikan
Presentasi hasil eksplorasi secara audio visual dan atau powerpoin.
Tugas
Membuat esai tentang foton, efek fotolistrik, sinar-X, dan aplikasinya dalam kehidupan manusia.
Menyelesaikan soal-soal konsep dan fenomena kuantum

Observasi
Ceklist lembar penilaian esai

Portofolio
Laporan dan presentasi hasil explorasi secara softcopy, hardcopy, powerpoin

Tes
Tes tertulis bentuk uraian.
8 JP
(2 x 4 JP)



Fisika SMA Jilid III,
Fisika, Young and Freeman, Jilid II
Praktikum Fisika, Depdiknas
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;  kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan , melaporkan, dan berdiskusi

3.10     Memahami fenomena efek fotolistrik dan sinar X dalam kehidupan sehari-hari

4.10  Menyajikan hasil analisis data  tentang penerapan efek fotolistrik dan sinar X dalam kehidupan sehari-hari


1.1   Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya  melaluipengamatan fenomena alam fisis dan pengukurannya
·         Menyajikan berbagai teknologi digital  
·         Menerapkan teknologi digital  secara bijak
·         Memaparkan tentang penggunaan transmisi data dalam kehidupan sehari-hari
Teknologi digital
Transmisi data
Penyimpanan data






Mengamati
Mengali informasi dari berbagai sumber tentang teknologi digital dan aplikasinya dalam kehidupan manusia.
Menggali informasi dari berbagai sumber tentang transmisi data.
 Menggali informasi tentang penyimpanan data.
Menggali informasi tentang prinsip kerja phone-cell

Mempertanyakan
Mempertanyakan tentang. berbagai manfaat  teknologi digital saat ini

Mengeksplorasi
Mendiskusikan  tentang teknologi digital dan aplikasinya dalam kehidupan manusia.
Mendiskusikan tentang transmisi dan penyimpanan data secara digital.
Mendiskusikan tentang prinsip kerja phone-cell
Mendiskusikan berbagai manfaat  teknologi digital misalnya untuk untuk transmisi dan penyimpanan data.

Mengkomunikasikan
Membuat laporan dan presentasi tentang manfaat teknologi digital
Tugas
Membuat esai tentang teknologi digital,  transmisi, dan penyimpanan data.
Menyelesaikan soal-soal terkait terkait teknologi digital, transmisi, dan penyimpanan data.

Observasi
Ceklis pengamatan pada saat presentasi

Portfolio
Laporan tertulis kelompok

Tes
Tes tertulis uraian


8 JP
(2 x 4 JP)






















Giancoli













2.1         Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;  kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan , melaporkan, dan berdiskusi

3.11     Memahami transmisi dan penyimpanan data dalam bentuk digital dan penerapannya dalam teknologi informasi dan komunikasi
4.11            Menyajikan hasil penelusuran informasi tentang transmisi dan penyimpanan data dalam bentuk digital dan penerapannya dalam teknologi informasi dan komunikasi
1.1 Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya  melaluipengamatan fenomena alam fisis dan pengukurannya
·         Mendeskripsikan karakteristik inti atom.
·         Mendeskripsikan karakteristik radioaktivitas.
·         Mendeskripsikan prinsip kesetaraan massa dan energi pada konsep energi ikat inti.
·         Mendeskripsikan skema reaktor nuklir dan manfaatnya.
·          Menunjukkan bahaya radioaktif dan cara mengurangi risikonya.

Inti Atom
Struktur Inti
Reaksi Inti
Radioaktivitas
Iptek nuklir





Mengamati
Mencari informasi dari berbagai sumber tentang aplikasi radioaktivitas dalam berbagai bidang
Mencari informasi dari berbagai sumber tentang  aplikasi iptek nuklir yang bermanfaat bagi kehidupan

 Mencari informasi penyebab  iptek nuklir  berbahaya dalam kehidupan misalnya  peristiwa bom atom di Hiroshima dan Nagasaki, kebocoran Reaktor Nuklir  Chernobyl, dan berbagai kebocoran reactor nuklir

Mempertanyakan
Mempertanyakan tentang radioaktivitas dan aplikasinya dalam teknologi dan masyarakat

Mengeksplorasi
Mengeksplorasi tentang struktur inti dan reaksi inti
Mendiskusikan manfaat  iptek nuklir mutahir yang sudah digunakan saat ini dalam berbagai kehidupan misalnya bidang industri dan pertanian
Mengeksplorasi tentang dampak radioaktivitas bagi mahluk hidup, lingkungan, iklim, ekonomi, politik dan sosial 
Mengassosiasi
Menghubungkan iptek nuklir dengan dampaknya berbagai kejadian baik yang menguntungkan maupun yang menimbulkan bahaya bagi kehidupan
Mengkomunikasikan
Mempresentasikan temuan tentang radioaktifitas, iptek nuklir dan pemanfaatannya dalam berbagai bidang
Tugas
Membuat klipping  tentang pemanfaatan iptek nuklir dalam berbagai bidang saat ini (industri, energi, pangan, pertanian, dsb)
Membuat karya tulis tentang pemanfaatan  radioaktivitas  dalam teknologi dan masyarakat
Membuat presentasi

Tes Tertulis
Menyelesaikan soal-soal sehubungan dengan struktur inti dan reaksi inti
Pemecahan masalah sehubungan dengan iptek nuklir



12 JP
(3 x 4 JP)
Fisika SMA Jilid III,
Fisika, Young and Freeman, Jilid II
Praktikum Fisika, Depdiknas












2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;  kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan , melaporkan, dan berdiskusi

3.12     Memahami karakteristik inti atom, radioaktivitas, dan pemanfaatannya dalam teknologi
4.12  Menyajikan informasi tentang pemanfaatan radioaktivitas dan dampaknya bagi kehidupan
1.1   Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya  melaluipengamatan fenomena alam fisis dan pengukurannya
·         Menyajikan berbagai teknologi terbarukan dan tak terbarukan 
·         Mengemukakan konsep pembangkit listrik menggunakan energy terbarukan.
·         Menerapkan teknologi terbarukan secara bijak
·         Menunjukan dampak yang ditimbulkan oleh energy terbarukan.
Sumber energi:
Sumber energi terbarukan dan tak terbarukan
Pembangkitan energi listrik
Dampak lingkungan
Mengamati:
Mencari informasi dari berbagai sumber informasi tentang pemanfaatan sumber-sumber energi dalam kehidupan manusia.
Menggali informasi dari berbagai sumber tentang sumber energi terbarukan dan tak terbarukan serta keterbatasannya
Menggali informasi dari berbagai sumber tentang pembangkitan energi listrik dari suatu sumber energi (mis: minyak, gas, geotermal, surya, nuklir, biogas, angin).
Menggali informasi tentang dampak ekplorasi dan eksploitasi sumber-sumber energi terhadap lingkungan.

Mempertanyakan
Mempertanyakan tentang berbagai  sumber daya energi yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari
Mempertanyakan bentuk tanggung hawab yang dapat dilakukan dalam sikap menggunakan energi

Mengeksplorasi
Mengeksplorasi tentang sumber-sumber energi, permasalahan dan solusinya, serta dampaknya bagi lingkungan
Mendiskukusikan  tentang sumber energi terbarukan dan tak terbarukan serta keterbatasan-keterbatasannya
Mendiskusikan tentang solusi alternatif dari masalah keterbatasan sumber energy di Indonesia.
Mendiskusikan tentang tentang dampak eksplorasi dan eksploitasi sumber energi terhadap lingkungan.
Mendiskusikan tentang pembangkitan energi listrik dan “green energy” (energi ramah lingkungan).
Mengassosiasi
Membuat hubungan antara penggunaan energi dan jumlah energi yang tersedia
Membuat hubungan antara penggunaan energy dan dampaknya bagi lingkungan
Mengkomunikasikan:
Membuat  presentasi hasil eksplorasi tentang penggunaan energi di Indonesia
Membuat karya tulis tentang ide/gagasan pemecahan masalah keterbatasan sumber daya energi, energi alternatif, dan dampaknya bagi kehidupan
Tugas:
Membuat klipping tentang sumber-sumber energi, masalah dan solusinya, serta dampaknya terhadap lungkungan.
Membuat karya tulis  tentang ide/gagasan pemecahan masalah keterbatasan sumber daya energi di Indonesia 

Tes Tertulis
Menyelesaikan soal-soal  berhubungan dengan penggunaan energi dan energi alternatif yang diusulkan


Portfolio
Laporan tertulis hasil eksplorasi


8 JP
(2 x 4 JP)
Giancoli
2.1         Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;  kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan , melaporkan, dan berdiskusi

3.13     Memahami keterbatasan sumber daya energi dan dampaknya bagi kehidupan
4.13            Menyajikan ide/gagasan pemecahan masalah keterbatasan sumber daya energi, energi alternatif, dan dampaknya bagi kehidupan

Post a Comment

0 Comments