SILABUS
Satuan
Pendidikan : SMA
Mata
Pelajaran : FISIKA
Kelas/
Semestar : XII/II
Kompetensi
Inti
|
|
KI 1 :
|
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2 :
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia
|
KI 3 :
|
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
KI 4 :
|
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Menyadari kebesaran
Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya melaluipengamatan fenomena alam fisis dan
pengukurannya
|
-
Memformulasikan konsep induksi
elektromagnetik
-
Menerapkan konsep induksi elektromagnetik pada
teknologi.
-
Memformulasikan konsep arus induksi dan ggl
induksi.
|
Induksi Faraday
GGL Induksi
Hukum Lenz
Induksi Diri
Aplikasi Induksi Faraday pada produk teknologi
|
Mengamati
Mencari informasi tentang berbagai produk teknologi yang
menggunakan induksi Faraday dari berbagai sumber
Mempertanyakan
Mempertanyakan tentang fenomena induksi elektromagnetik
Eksperimen/ Mengeksplorasi
Melakukan percobaab tentang induksi elektromagnetik
Mendiskusikan tentang GGL
Induksi Hukum Lenz,
Mendiskusikan pemanfaatan
induksi Faraday pada produk teknologi
Merancang dan Membuat alat sederhana yang menggunakan prinsip
induksi Faraday
As
Mengomunikasikan
Mempresentasi hasil eksperimen.
|
Tugas
Menulis laporan ilmiah sebagai hasil studi literatur dari
berbagai sumber tentang pemanfaatan induksi Faraday pada berbagai produk
teknologi
Menyelesaikan soal-soal tentang Induksi Faraday dan Arus Bolak
balik
Observasi
Ceklist lembar pengamatan kegiatan presentasi kelompok
Portofolio
Laporan tertulis rancangan dan kegiatan percobaan secara softcopy, hardcopy, powerpoin dan
audiovisual
Tes
Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda
|
16 JP
(4 x 4 JP)
|
Fisika SMA Jilid III,
Fisika, Young and Freeman, Jilid II
Praktikum Fisika, Depdiknas
Alat
Magnet
Galvanometer
Lilitan kawat
|
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan , melaporkan, dan berdiskusi
|
||||||
3.7 Memahami fenomena induksi elektromagnetik berdasarkan percobaan
|
||||||
4.7 Membuat proyek sederhana dengan menggunakan prinsip induksi
elektromagnetik
|
||||||
1.1 Menyadari kebesaran
Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya melaluipengamatan fenomena alam fisis dan
pengukurannya
|
·
Memformulasikan konsep arus dan tegangan
bolak-balik
·
Mengidentifikasi penerapan arus listrik bolak-balik
dalam kehidupan sehari-hari.
·
Menggunakan amperemeter voltmeter Ohmmeter dalam
rangkaian.
|
Rangkaian Arus Bolak-Balik
Arus dan tegangan Bolak-Balik
Rangkaian Arus Bolak-Balik
Daya pada Rangkaian Arus Bolak-Balik
|
Mengamati
Menanya
Diskusi kelas tentang arus dan tengan bolak-balik
Diskusi kelas tentang Rangkaian Arus Bolak-balik
Diskusi kelas tentang Daya pada Rangkaian Arus Bolak-balik
Mengeksplorasi/Eksperimen
Mengeksplorasi rangkaian resonansi dan pemanfatannya untuk tuning frekuensi pada radio.
Mengkomunikasikan
Presentasi hasil eksplorasi secara audio visual dan atau
powepoin.
|
Tugas
Menyelesaikan soal-soal rangkaian arus bolak-balik
Observasi
Ceklist lembar pengamatan kegiatan presentasi kelompok
Portofolio
Laporan presentasi resonansi
secara softcopy, hardcopy, powerpoinl
Tes
Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda
|
12 JP
|
Fisika SMA Jilid III,
Fisika, Young and Freeman, Jilid II
Praktikum Fisika, Depdiknas
|
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu;
objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab;
terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
sikap dalam melakukan percobaan , melaporkan, dan berdiskusi
|
||||||
3.8 Menganalisis rangkaian arus bolak-balik (AC) serta
penerapannya
|
||||||
4.8 Memecahkan
masalah terkait rangkaian arus
bolak-balik (AC) dalam kehidupan sehari-hari.
|
||||||
1.1 Menyadari kebesaran
Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya melaluipengamatan fenomena alam fisis dan
pengukurannya
|
·
Mendeskripsikan
fenomena radiasi Elektromagnetik.
·
Mendeskripsikan
hipotesis Planck tentang kuantum cahaya.
·
Menganalisa sumber radiasi Elektromagnetik
·
Menerapkan
pemanfaatan radiasi
elektomagnetik dalam teknologi
·
Menemukan bahaya radiasi Elektromagnetik bagi makluk hidup
|
Radiasi Elektromagnetik
Spektrum elektromagnetik
Sumber Radiasi Elektromegnetik
Pemanfaatan Radiasi Elektromagnetik
Bahaya Radiasi elekromagnetik
|
Mengamati
Menggali informasi tentang spektrum radiasi elektromagnetik dan
pemanfaatannya dalam kehidupan mahluk hidup
Menanya
Diskusi kelas tentang spektrum elektromagnetik
Diskusi kelas tentang sumber, manfaatn dan bahaya radiasi
elektromagnetik bagi mahluk hidup
Mengeksplorasi/Eksperimen
Mengeksplorasi radiasi elektromagnetik dalam berbagai bidang
kehidupan mahluk hidup
Mengkomunikasikan
Presentasi hasil eksplorasi secara audio visual dan atau
powepoin.
|
Tugas
Menulis laporan ilmiah sebagai hasil studi literatur dari
berbagai sumber tentang pemanfaatan dan bahayanya radiasi elektromagnetik
Observasi
Ceklist lembar pengamatan kegiatan presentasi kelompok
Portofolio
Laporan tertulis hasil eksplorasi secara softcopy, hardcopy dan powerpoin.
Tes
Tes tertulis tentang
|
12 JP
(3 x 4 JP)
|
Fisika SMA Jilid III,
Fisika, Young and Freeman, Jilid II
Praktikum Fisika, Depdiknas
|
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan , melaporkan, dan berdiskusi
|
||||||
3.9 Mengevaluasi
pemikiran dirinya tentang radiasi elektromagnetik, pemanfaatannya dalam
teknologi, dan dampaknya pada kehidupan
|
||||||
4.9 Menyajikan hasil analisis tentang radiasi elektromagnetik,
pemanfaatannya dalam teknologi, dan dampaknya pada kehidupan
|
||||||
1.1 Menyadari kebesaran
Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya melaluipengamatan fenomena alam fisis dan pengukurannya
|
·
Menganalisa konsep dan fenomena kuantum
·
Memformulasikan konsep foton, Efek
fotolistrik dan Sinar-X
·
Menerapkan
konsep Efek fotolistrik dan Sinar-X pada teknologi.
|
Konsep dan Fenomena kuantum:
Konsep foton
Efek fotolistrik
Sinar-X
|
Mengamati
Menggali informasi tentang konsep foton, fenomena efek
fotolistrik, dan sinar-X
Menggali informasi tentang aplikasi efek fotolistrik dalam
kehidupan manusia (mis: sensor cahaya, sel surya, mesin fotokopi, laser
printer).
Menggali informasi tentang cara kerja mesin fotokopi.
Menggali informasi tentang aplikasi sinar-X dalam kehidupan
manusia (mis: mesin foto Rontgen, mesin pengecekan bagasi bandara ).
Menggali informasi tentang cara kerja mesin foto Rontgen.
Menanya
Diskusi kelas tentang efek fotolistrik dan cara kerja mesin
fotokopi.
Diskusi kelas tentang sinar-X dan cara kerja mesin foto Rontgen.
Mengeksplorasi/Eksperimen
Mengeksplorasi fenomena efek fotolistrik, sinar-X, dan
aplikasinya dalam kehidupan manusia.
Mengkomunikasikan
Presentasi hasil eksplorasi secara audio visual dan atau
powerpoin.
|
Tugas
Membuat esai tentang foton, efek fotolistrik, sinar-X, dan
aplikasinya dalam kehidupan manusia.
Menyelesaikan soal-soal konsep dan fenomena kuantum
Observasi
Ceklist lembar penilaian esai
Portofolio
Laporan dan presentasi hasil explorasi secara softcopy, hardcopy, powerpoin
Tes
Tes tertulis bentuk uraian.
|
8 JP
(2 x 4 JP)
|
Fisika SMA Jilid III,
Fisika, Young and Freeman, Jilid II
Praktikum Fisika, Depdiknas
|
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu;
objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab;
terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
sikap dalam melakukan percobaan , melaporkan, dan berdiskusi
|
||||||
3.10 Memahami fenomena
efek fotolistrik dan sinar X dalam kehidupan sehari-hari
|
||||||
4.10 Menyajikan hasil
analisis data tentang penerapan efek
fotolistrik dan sinar X dalam kehidupan sehari-hari
|
||||||
1.1 Menyadari kebesaran
Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya melaluipengamatan fenomena alam fisis dan
pengukurannya
|
·
Menyajikan berbagai teknologi
digital
·
Menerapkan teknologi digital secara bijak
·
Memaparkan tentang penggunaan
transmisi data dalam kehidupan sehari-hari
|
Teknologi digital
Transmisi data
Penyimpanan data
|
Mengamati
Mengali informasi dari berbagai sumber tentang teknologi digital
dan aplikasinya dalam kehidupan manusia.
Menggali informasi dari berbagai sumber tentang transmisi data.
Menggali informasi tentang
penyimpanan data.
Menggali informasi tentang prinsip kerja phone-cell
Mempertanyakan
Mempertanyakan tentang. berbagai manfaat teknologi digital saat ini
Mengeksplorasi
Mendiskusikan tentang
teknologi digital dan aplikasinya dalam kehidupan manusia.
Mendiskusikan tentang transmisi dan penyimpanan data secara
digital.
Mendiskusikan tentang prinsip kerja phone-cell
Mendiskusikan berbagai manfaat
teknologi digital misalnya untuk untuk transmisi dan penyimpanan data.
Mengkomunikasikan
Membuat laporan dan presentasi tentang manfaat teknologi digital
|
Tugas
Membuat esai tentang teknologi digital, transmisi, dan penyimpanan data.
Menyelesaikan soal-soal terkait terkait teknologi digital,
transmisi, dan penyimpanan data.
Observasi
Ceklis pengamatan pada saat presentasi
Portfolio
Laporan tertulis kelompok
Tes
Tes tertulis uraian
|
8 JP
(2 x 4 JP)
|
Giancoli
|
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan , melaporkan, dan berdiskusi
|
||||||
3.11 Memahami transmisi
dan penyimpanan data dalam bentuk digital dan penerapannya dalam teknologi
informasi dan komunikasi
|
||||||
4.11 Menyajikan
hasil penelusuran informasi tentang transmisi dan penyimpanan data dalam
bentuk digital dan penerapannya dalam teknologi informasi dan komunikasi
|
||||||
1.1 Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam
jagad raya melaluipengamatan fenomena
alam fisis dan pengukurannya
|
·
Mendeskripsikan karakteristik inti atom.
·
Mendeskripsikan karakteristik radioaktivitas.
·
Mendeskripsikan prinsip kesetaraan massa dan
energi pada konsep energi ikat inti.
·
Mendeskripsikan skema reaktor nuklir
dan manfaatnya.
·
Menunjukkan bahaya radioaktif dan cara mengurangi
risikonya.
|
Inti Atom
Struktur Inti
Reaksi Inti
Radioaktivitas
Iptek nuklir
|
Mengamati
Mencari informasi dari berbagai sumber tentang aplikasi
radioaktivitas dalam berbagai bidang
Mencari informasi dari berbagai sumber tentang aplikasi iptek nuklir yang bermanfaat bagi
kehidupan
Mencari informasi
penyebab iptek nuklir berbahaya dalam kehidupan misalnya peristiwa bom atom di Hiroshima dan
Nagasaki, kebocoran Reaktor Nuklir
Chernobyl, dan berbagai kebocoran reactor nuklir
Mempertanyakan
Mempertanyakan tentang radioaktivitas dan aplikasinya dalam
teknologi dan masyarakat
Mengeksplorasi
Mengeksplorasi tentang struktur inti dan reaksi inti
Mendiskusikan manfaat
iptek nuklir mutahir yang sudah digunakan saat ini dalam berbagai
kehidupan misalnya bidang industri dan pertanian
Mengeksplorasi tentang dampak radioaktivitas bagi mahluk hidup,
lingkungan, iklim, ekonomi, politik dan sosial
Mengassosiasi
Menghubungkan iptek nuklir dengan dampaknya berbagai kejadian
baik yang menguntungkan maupun yang menimbulkan bahaya bagi kehidupan
Mengkomunikasikan
Mempresentasikan temuan tentang radioaktifitas, iptek nuklir dan
pemanfaatannya dalam berbagai bidang
|
Tugas
Membuat klipping tentang
pemanfaatan iptek nuklir dalam berbagai bidang saat ini (industri, energi,
pangan, pertanian, dsb)
Membuat karya tulis tentang pemanfaatan radioaktivitas dalam teknologi dan masyarakat
Membuat presentasi
Tes Tertulis
Menyelesaikan soal-soal sehubungan dengan struktur inti dan
reaksi inti
Pemecahan masalah sehubungan dengan iptek nuklir
|
12 JP
(3 x 4 JP)
|
Fisika SMA Jilid III,
Fisika, Young and Freeman, Jilid II
Praktikum Fisika, Depdiknas
|
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu;
objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab;
terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
sikap dalam melakukan percobaan , melaporkan, dan berdiskusi
|
||||||
3.12 Memahami
karakteristik inti atom, radioaktivitas, dan pemanfaatannya dalam teknologi
|
||||||
4.12 Menyajikan informasi
tentang pemanfaatan radioaktivitas dan dampaknya bagi kehidupan
|
||||||
1.1 Menyadari kebesaran
Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya melaluipengamatan fenomena alam fisis dan
pengukurannya
|
·
Menyajikan berbagai teknologi
terbarukan dan tak terbarukan
·
Mengemukakan konsep pembangkit
listrik menggunakan energy terbarukan.
·
Menerapkan teknologi terbarukan
secara bijak
·
Menunjukan dampak yang ditimbulkan
oleh energy terbarukan.
|
Sumber energi:
Sumber energi terbarukan dan tak terbarukan
Pembangkitan energi listrik
Dampak lingkungan
|
Mengamati:
Mencari informasi dari berbagai sumber informasi tentang
pemanfaatan sumber-sumber energi dalam kehidupan manusia.
Menggali informasi dari berbagai sumber tentang sumber energi
terbarukan dan tak terbarukan serta keterbatasannya
Menggali informasi dari berbagai sumber tentang pembangkitan
energi listrik dari suatu sumber energi (mis: minyak, gas, geotermal, surya,
nuklir, biogas, angin).
Menggali informasi tentang dampak ekplorasi dan eksploitasi
sumber-sumber energi terhadap lingkungan.
Mempertanyakan
Mempertanyakan tentang berbagai
sumber daya energi yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari
Mempertanyakan bentuk tanggung hawab yang dapat dilakukan dalam
sikap menggunakan energi
Mengeksplorasi
Mengeksplorasi tentang sumber-sumber energi, permasalahan dan
solusinya, serta dampaknya bagi lingkungan
Mendiskukusikan tentang
sumber energi terbarukan dan tak terbarukan serta
keterbatasan-keterbatasannya
Mendiskusikan tentang solusi alternatif dari masalah keterbatasan
sumber energy di Indonesia.
Mendiskusikan tentang tentang dampak eksplorasi dan eksploitasi
sumber energi terhadap lingkungan.
Mendiskusikan tentang pembangkitan energi listrik dan “green
energy” (energi ramah lingkungan).
Mengassosiasi
Membuat hubungan antara penggunaan energi dan jumlah energi yang
tersedia
Membuat hubungan antara penggunaan energy dan dampaknya bagi
lingkungan
Mengkomunikasikan:
Membuat presentasi hasil
eksplorasi tentang penggunaan energi di Indonesia
Membuat karya tulis tentang ide/gagasan pemecahan masalah
keterbatasan sumber daya energi, energi alternatif, dan dampaknya bagi
kehidupan
|
Tugas:
Membuat klipping tentang sumber-sumber energi, masalah dan
solusinya, serta dampaknya terhadap lungkungan.
Membuat karya tulis
tentang ide/gagasan pemecahan masalah keterbatasan sumber daya energi
di Indonesia
Tes Tertulis
Menyelesaikan soal-soal
berhubungan dengan penggunaan energi dan energi alternatif yang
diusulkan
Portfolio
Laporan tertulis hasil eksplorasi
|
8 JP
(2 x 4 JP)
|
Giancoli
|
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan , melaporkan, dan berdiskusi
|
||||||
3.13 Memahami
keterbatasan sumber daya energi dan dampaknya bagi kehidupan
|
||||||
4.13 Menyajikan
ide/gagasan pemecahan masalah keterbatasan sumber daya energi, energi
alternatif, dan dampaknya bagi kehidupan
|
0 Comments