Nama
Sekolah :
MAN MALIKU
Mata
Pelajaran :
FISIKA
Kelas/
Semester :
X/I
Materi Pokok : Fluida Statik
Alokasi Waktu :
8 JP
A.
Kompetensi Inti
KI1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran yang
dianutnya
KI2 :
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun responsive dan pro-aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagioan dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI3 :
Memahami, menerapkan , menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
KI4 :
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya disekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar
1.1
Bertambah Keimanannya
dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya
terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya.
1.2
Menyadari kebesaran
Tuhan yang mengatur karakteristik fenomena gerak, fluida kalor dan optik.
3.7
Menerapkan hukum-hukum
pada fluida statik dalam kehidupan sehari-hari
4.1 Menyajikan hasil
pengukuran besaran fisis dengan menggunakan peralatan dan teknik
yang tepat untuk penyelidikan ilmiah
4.7 Merencanakan dan
melaksanakan percobaan yang memanfaatkan sifat-sifat fluida untuk mempermudah
suatu pekerjaan
C.
Tujuan Pembelajaran
Melalui proses
mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengomunikasikan, peserta didik dapat:
1. Menjelaskan tekanan
2. Memformulasikan tekanan
3. Menjelaskan tekanan hidrostatik
4. Memformulasikan tekanan hidrostatik
5. Menjelaskan hukum utama hidrstatis
6. Menjelaskan hukum Pascal
7. Menerapkan hukum
Pascal dalam
kehidupan sehari-hari
8. Menjelaskan hukum Archimedes
9. Menerapkan hukum
Archimedes
dalam kehidupan sehari-hari
D.
Materi Pembelajaran
Fluida
statik :
Hukum
utama hidrostatis
Tekanan
Hidrostatis
Hukum
Archimedes
Tegangan Permukaan
Gejala
kapilaritas
E.
Metode Pembelajaran
Pendekatan
Saintifik
Metode diskusi
dan Eksperimen
F.
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan
1
Pertemuan ke-1 ( 2 x 45 menit )
No
|
Aktivitas
Pembelajaran
|
Tahapan
|
a.
Pendahuluan (10 menit)
|
||
1
|
Salam pembuka/ doa dan Absensi Siswa
|
|
2
|
Guru meminta siswa duduk berdasarkan kelompok yang
telah ditentukan. Tiap-tiap kelompok
terdiri dari 3 orang.
|
|
3
|
Guru membanguan pengetahuan awal siswa dengan memberi
fenomena
Dengan
mengunakan sebuah gelas yang berisi air, kemudian gelas tersebut dimasukkan
beban/batu, sehingga air didalam gelas menjadi tumpah. Mengapa terjadi hal
yang demikian ?
|
Penyajian
Fenomena
|
4
|
Guru menyampaikan
materi pembelajaran, tujuan pembelajaran dan kompetensi yang akan dicapai
|
|
b.
Kegiatan Inti (70 menit)
|
||
1
|
Tiap
kelompok siswa berdisikusi berdasarkan suatu fenomena terkait peragaan yang
dilakukan dengan mengkaitkan bunyi hukum arcimedes.
|
Merumuskan
masalah
|
2
|
Guru mengajukan beberapa pertanyaan terkait peragaan
yang dilakukan.
- Sebuah gelas yang telah berisi
air, kemudian gelas tersebut dimasukkan beban/batu menjadi tumpah, mengapa
terjadi hal yang demikian ?
|
Merumuskan
masalah
|
3
|
Dari jawaban beberapa orang siswa
kemudian guru meminta
siswa untuk menjelaskan mengenai hukum arcimedes..
d. Guru
membagikan lembar kerja kelompok pada masing-masing kelompok.
|
Membuat
hipotesis
Merencanakan
kegiatan
|
4
|
Siswa melakukan eksperimen untuk
mengambil data setelah merumuskan masalah dan membuat hipotesis.
|
Melakukan
kegiatan
|
5
|
Dalam proses mengambil data, guru membimbing siswa
mendiskusikan hasil kegiatan dalam kelompok
|
Mengumpulkan
data
|
6
|
Setelah peroses pengambilan data selesai, masing-masing
kelompok berdiskusi dan menentukan jawaban berdasarkan eksperimen.
|
Mengelolah
data
|
7
|
Dari hasil diskusi yang diperoleh siswa memberikan
kesimpulan tentang
hukum Hidrostatik.
|
Kesimpulan
|
c.
Penutup (10 menit)
|
||
1
|
Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
|
2
|
Guru memberikan tugas tentang materi ini, dan memperlajari tentang materi
selanjutnya kepada peserta didik untuk dikerjakan
dirumah
|
Pemantapan
|
3
|
Guru memberikan penguatan kepada siswa sekaligus
salam penutup
|
Pertemuan
Ke- 2 (2 x 45 menit )
No
|
Aktivitas
Pembelajaran
|
Tahapan
|
a.
Pendahuluan (10 menit)
|
||
1
|
Salam pembuka/ doa dan Absensi Siswa
|
|
2
|
Guru meminta siswa duduk berdasarkan kelompok yang
telah ditentukan. Tiap-tiap kelompok
terdiri dari 5 orang.
|
|
3
|
Guru membanguan pengetahuan awal siswa dengan memberi
fenomena
Pernakah
kalian melihat alat hidrolik di tempat pencucian mobil ? Mobil
dapat dinaikkan di diatas penghisap, mengapa demikian ?
|
Penyajian
Fenomena
|
3
|
Guru menyampaikan
materi pembelajaran, tujuan pembelajaran dan kompetensi yang akan dicapai
|
|
b.
Kegiatan Inti (70 menit)
|
||
1
|
Tiap kelompok siswa
berdisikusi berdasarkan suatu fenomena terkait kerja alat hidrolik dengan
mengkaitkan tekanan hidrostatis
|
Merumuskan
masalah
|
2
|
Guru mengajukan beberapa pertanyaan terkait dengan kerja alat hidrolik?
- Mobil dapat dinaikkan di diatas
penghisap, mengapa demikian?
|
Merumuskan
masalah
|
3
|
Dari jawaban
beberapa orang siswa kemudian guru meminta siswa
untuk menjelaskan
mengenai tekanan hidrostatis.
|
Membuat
hipotesis
Merencanakan
kegiatan
|
4
|
Guru membagikan lembar kerja kelompok pada masing-masing kelompok
|
Melakukan
kegiatan
|
5
|
Siswa
melakukan eksperimen untuk mengambil data setelah merumuskan masalah dan membuat
hipotesis
|
Mengumpulkan
data
|
6
|
Dalam proses
mengambil data, guru membimbing siswa mendiskusikan hasil kegiatan dalam kelompok
|
Mengelolah
data
|
7
|
Setelah peroses pengambilan data selesai, masing-masing kelompok
berdiskusi dan menentukan jawaban berdasarkan eksperimen.
|
Kesimpulan
|
8
|
Dari hasil
diskusi yang diperoleh siswa memberikan kesimpulan tentang hukum
Pascal.
|
|
c.
Penutup (10 menit)
|
||
1
|
Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
|
2
|
Guru memberikan tugas tentang materi ini, dan memperlajari tentang materi
selanjuutnya kepada peserta didik untuk dikerjakan
dirumah
|
Pemantapan
|
3
|
Guru memberikan penguatan kepada siswa sekaligus
salam penutup
|
Pertemuan Ketiga
(2 x 45 menit)
No
|
Aktivitas
Pembelajaran
|
Tahapan
|
a.
Pendahuluan (10 menit)
|
||
1
|
Salam pembuka/ doa dan Absensi Siswa
|
|
2
|
Guru meminta siswa duduk berdasarkan kelompok yang
telah ditentukan. Tiap-tiap kelompok
terdiri dari 3 orang.
|
|
3
|
Guru membanguan pengetahuan awal siswa dengan memberi
fenomena
- Dengan menggunakan sebuah toples
yang sudah diisi dengan air dan seekor pengganggan, mengapa pengganggan dapat
berdiri di permukaaan air?
|
Penyajian
Fenomena
|
4
|
Guru menyampaikan
materi pembelajaran, tujuan pembelajaran dan kompetensi yang akan dicapai
|
|
b.
Kegiatan Inti (70 menit)
|
||
1
|
Tiap kelompok siswa berdisikusi berdasarkan suatu
fenomena tegangan permukaaan fluida.
|
Merumuskan
masalah
|
2
|
Guru mengajukan beberapa pertanyaan terkait dengan fenomena tegangan
permukaan
fluida.
- Dengan menggunakan sebuah toples
yang sudah diisi dengan air dan seekor pengganggan, mengapa pengganggan dapat
berdiri di permukaaan air?
|
Merumuskan
masalah
|
3
|
Dari jawaban
beberapa orang siswa kemudian guru meminta siswa
untuk menjelaskan
mengenai twgangan permukaan
fluida
|
Membuat
hipotesis
Merencanakan
kegiatan
|
4
|
Guru membagikan lembar kerja kelompok pada masing-masing kelompok.
|
Melakukan
kegiatan
|
5
|
Siswa
melakukan eksperimen untuk mengambil data setelah merumuskan masalah dan
merumuskan hipotesis
|
Mengumpulkan
data
|
6
|
Dalam proses
mengambil data, guru membimbing siswa mendiskusikan hasil kegiatan dalam
kelompok
|
Mengelolah
data
|
7
|
Setelah peroses pengambilan data selesai, masing-masing kelompok
berdiskusi dan menentukan jawaban berdasarkan eksperimen.
|
Kesimpulan
|
8
|
Dari hasil
diskusi yang diperoleh siswa memberikan kesimpulan tentang tegangan permukaan fluida.
|
|
c.
Penutup (10 menit)
|
||
1
|
Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
|
2
|
Guru memberikan tugas tentang materi ini, dan memperlajari tentang materi
selanjutnya kepada peserta didik untuk dikerjakan
dirumah
|
Pemantapan
|
3
|
Guru memberikan penguatan kepada siswa sekaligus
salam penutup
|
Pertemuan ke 4
(3 x 45 menit)
Ulangan harian
KD 3.7 dan 4.7
Materi : Fluida
statis
H. Teknik :
· Laporan hasil percobaaan
· Observasi Sikap
· Performance/tes Praktik
· Tes Tertulis ( Essay )
G.
Alat dan Bahan
LCD, komputer,
Buku Marthen Kanginan, Buku pendamping yang relevan, dan internet.
H.
Penilaian
Instrumen
penilaian
Instrumen
Penilaian Sikap
Instrumen
Penilaian Diskusi
Instrumen
penilaian laporan praktik
Instrumen tes
menggunakan tes tertulis uraian
Contoh Instrumen
(Terlampir)
Maliku 24 juni 2014
Kepala
MAN Maliku
PPARIOTO, M.Pd.,
NIP.
|
Guru
Bidang Studi Fisika
RAHMAT RUDIANTO
NIP.
|
Lampiran 1 :
INSTRUMEN PENILAIAN PORTOFOLIO
Sekolah :
MAN MALIKU
Matapelajaran : FISIKA
Durasi Waktu :
Nama Peserta didik :
Kelas/SMT :
X / 1
No
|
KI / KD / PI
|
Waktu
|
MACAM PORTOFOLIOA
|
Jumlah Score
|
Nilai
|
|||
Kualitas
Rangkumn
|
Makalah
|
Laporan Pengamatan
|
Laporan
Eksperimen
|
|||||
1
|
||||||||
2
|
||||||||
3
|
||||||||
Catatan:
PI = Pencapaian
Indikator
Skor menggunakan
rentang antara 0 -10 atau 10 – 100.
Kolom keterangan diisi oleh
guru untuk menggambarkan karakteristik yang menonjol dari hasil kerja tersebut.
Lampiran
2 :
INSTRUMEN
PENILAIAN SIKAP
Materi : fluida statis
Kelas/Semester :
X
/1
Hari/Tanggal :
No.
|
Nama
|
Disiplin
|
Kerjasama
|
Kejujuran
|
Kepedulian
|
Tanggung jawab
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
1.
|
||||||||
2.
|
||||||||
3.
|
||||||||
4.
|
||||||||
5.
|
||||||||
6.
|
||||||||
7.
|
||||||||
8.
|
||||||||
9.
|
||||||||
10.
|
||||||||
11.
|
||||||||
12.
|
||||||||
13.
|
||||||||
14.
|
||||||||
15.
|
*) Ketentuan:
·
1 = jika peserta didik sangat kurang konsisten memperlihatkan perilaku
yang tertera dalam indikator
·
2 = jika peserta didik kurang konsisten memperlihatkan perilaku yang
tertera dalam indikator, tetapi belum
konsisten
·
3 = jika peserta didik mulai konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera
dalam indikator
·
4 = jika peserta didik konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera
dalam indikator
·
5 = jika peserta didik selalu konsisten memperlihatkan perilaku yang
tertera dalam indikator
FORMAT PENILAIAN
Nilai :
x 100
Lampiran 3 :
INSTRUMEN PENILAIAN DISKUSI
Hasil
Penilaian Diskusi
Topik
: ……………………………..…………..
Tanggal
: ……………………………………….
Jumlah
Siswa : …………….……… orang.
No
|
Nama
siswa
|
Menyampaikan
pendapat
|
Menanggapi
|
Mempertahankan
argumentasi
|
Jumlah
score
|
Nilai
|
||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
Menyampaikan
pendapat
1. Tidak
sesuai masalah
2.
Sesuai
dengan masalah, tapi belum benar
3. Sesuai
dengan masalah dan benar
Menanggapi
pendapat
1. Langsung
setuju atau menyanggah tanpa alasan
2.
Setuju
atau menyanggah dengan alasan yang benar tidak sempurna
3.
Setuju
atau menyanggah dengan alasan yang benar
4.
Setuju
atau menyanggah dengan alasan yang benar
dengan didukung referensi
Mempertahankan
pendapat
1. Tidak
dapat mempertahankan pendapat
2. Mampu
Mempertahankan pendapat, alasan kurang benar
3. Mampu
mempertahankan pendapat, alasan benar tidak didukung referensi
4. Mampu
mempertahankan pendapat, alasan benar didukung referensi
LAMPIRAN 4
INSTRUMEN
PENILAIAN KOGNITIF
Soal
- Seekor
gajah memiliki luas kaki sebesar 800 cm2, berapakah tekanan
yang dihasilkan salah satu kaki jika massa gajah 1500 kilogram.
- Sebuah
bejana berbentuk silinder berdiameter 27,4 m dan tinggi 27,4 m juga diisi
dengan air gula yang massa jenisnya 1600 kg/m3. Hitunglah berat
air gula tersebut.
- Palung
Mariana memiliki kedalaman 10,92 km. Pada kedalaman tersebut tekanan yang
terukur sebesar 1,16 x 108 Pa. Hitunglah massa jenis air laut
pada kedalaman itu.
- Balok
beton memiliki massa 25 kg dan massa jenis 2,5 gr/cm3. Tentukan
besar gaya angkat yang dialami benda jika dibawa dengan bantuan air. Massa
jenis air 1 gr/cm3.
- Dongkrak
hidrolik memiliki dua penampang, penampang pertama berukuran luas 1,25 cm2.
Penampang kedua luasnya 2,5 m2. Agar dongkrak dapat mengangkat
mobil dengan massa 5 ton. Tentukan tekanan yang dihasilkan gas pada piston
pertama dan gaya dorong pada piston pertama.
6. Jika
zat pengisi barometer diganti dengan minyak yang memiliki massa jenis 850 kg/m3.
Penurunan ketinggian zat cair sebesar 1 mm mengindikasikan tekanan udara
berkurang ….. (nyatakan dalam atm)
7. Sebuah
kotak berukuran 80 cm2 tertutup erat akibat tekanan udara
luar sebesar 1,01 x 105 Pa. Gaya sebesar 600 N dikerahkan untuk
membuka tutupnya, tentukan besar tekanan yang dihasilkan.
8. Sebuah
benda digantung dengan neraca pegas. Saat di udara neraca menunjukkan angka 30
N, saat benda direndam dalam air menunjukkan angka sebesar 20 N. Tentukan angka
yang ditunjukkan neraca saat benda direndam dalam zat cair yang massa jenisnya
setengah massa jenis air.
9. Sebanyak
60% volume kayu berada dalam air. Tentukan massa jenis kayu ini.
10. Sebuah
perahu mendapat gaya apung sebesar 16 kN saat berada di air tawar. Tentukan
gaya yang dialami perahu jika ditaruh di air garam yang massa jenisnya 1,17
gr/cm3.
Penskoran :
Nilai = x 100
Lampiran 5
PANDUAN PRAKTIKUM
TEGANGAN
PERMUKAAN
A.
Tujuan
Menentukan
besarnya tegangan permukaan air dan larutan sabun.
B.
Alat dan Bahan
1.
Neraca torsi 1
buah
2.
Bejana 2
buah
3.
Statif dan klem 1
set
4.
Kawat yang dibengkokkan 1 buah
5.
Meja pengungkit 1
buah
6.
Kepingan kaca 1
buah
7.
Pengait 1
buah
8.
Penggaris 1
buah
9.
Air secukupnya
10.
Larutan sabun secukupnya
C.
Langkah Kerja
1. Ukurlah luas kawat yang dibengkok-kan!
2. Susunlah alat seperti gambar berikut!
3. Turunkan meja pengungkit perlahanlahan hingga
kawat akan lepas dari permukaan air!
4. Catatlah angka yang terbaca pada ne racatorsi
ketika kawat akan lepas dari permukaan air!
5. Ulangi langkah 1 – 4 dengan menggunakan larutan
sabun!
6. Ulangi langkah 1 – 5 dengan menggunakan
kepingan kaca!
|
7.
Hitunglah besar tegangan permukaan air dan larutan sabun dengan rumus .
8.
Lakukan setiap langkah kerja dengan hati-hati dan cermat! Setelah kamu selesai
melaksanakan praktikum, jangan lupa untuk mengembalikan peralatan dengan baik
ke tempat semula! Jagalah kebersihan lingkungan dan tubuhmu!
TEKANAN
HIDROSTATIS
A.
Tujuan :
Menentukan
hubungan tekanan hidrostatis dengan kedalaman air.
B.
Alat dan bahan :
Selang
plastik, 1 meter
Gelas 1 buah
Penggaris 1 buah
Corong
1 buah
balon 1
buah
air. secukupnya
C.
Kegiatan :
1. Pasang corong pada selang plastik dan tutuplah
dengan balon. Kemudian isilah selang sedikit air dan buatlah membentuk huruf
U seperti pada Gambar
2. Aturlah agar air dalam selang memiliki
ketinggian sama.
3. Masukkan corong ke dalam air sedalam h,
kemudian amati perbedaan permukaan air pada selang U. Ukurlah ∆l. Nilai ∆l
ini dapat digunakan sebagai pengukur tekanan P ~ ∆l.
4. Ubah-ubahlah kedalaman selang h. Ambil beberapa
kali.
|
D.
Tugas
1.
Catat semua data pada
table
2.
Buatlah grafik hubungan
P(∆l) dengan h.
HUKUM
ARCHIMEDES
A.
Tujuan :
Memahami Hukum
Archimedes.
B.
Alat dan bahan :
1.
Panci 1 buah
2.
bak plastik 1 buah
3.
air secukupnya
4.
batu 0.5 Kg
5.
tali secukupnya
6.
timbangan pegas 1 buah
7.
stoples 1buah
C.
langkah Kegiatan
1.
Masukkan panci ke
dalam bak plastik. Isilah panci dengan air hingga penuh.
2.
Ikatlah batu dengan
benang sehingga kalian dapat mengangkat batu dengan tali tersebut.
3.
Kaitkan timbangan
pegas ke ujung tali. Kemudian gunakan timbangan tersebut untuk mengangkat batu.
Catatlah beratnya.
4.
Dengan timbangan pegas
yang masih terhubung dengan batu,
turunkan batu dengan hati-hati ke dalam air panci hingga benar-benar tenggelam.
Air mengalir dari panci ke bak plastik.
5.
Catatlah berat batu
sekarang.
6.
Ikatlah mulut
stoples dengan tali untuk mengangkat
stoples hanya dengan menggunakan tali
tersebut.
7.
Kaitkan timbangan
pegas ke ujung lain dari tali yang diikatkan pada stoples dan timbanglah
stoples kosong tersebut.
8.
Keluarkan batu dan
panci dari bak plastik.
9.
Tuangkan air dalam bak
plastik ke dalam stoples.
10. Kaitkan lagi timbangan pegas ke tali pada stoples dan timbanglah stoples yang berisi air
tersebut.
D.
Tugas
1.
Berapakah selisih
berat batu di udara dengan berat batu di air? Mengapa ada selisihnya?
2.
Hitunglah berat air
dalam stoples! Bandingkan berat air dalam stoples dengan selisih berat batu di
udara dan di air! Apakah yang kalian temukan?
3.
Tunjukkan Hukum
Archimedes pada percobaan yang kalian lakukan tersebut. Tulislah kesimpuannya!
0 Comments